Senin, 07 Mei 2012

legenda dan keajaiban alam dari zeus

,

Zeus, sebagaimana pemain DotA ketahui merupakan kebanggaan tersendiri apabila memainkannya. Bagaimana tidak, tokoh berlabel intelligence ini memiliki style jurus yang sangat mematikan dengan penggunaan manna yang sedikit dan cooldown yang sebentar, membuatnya dapat mengeluarkan jurus kapan saja tanpa takut kehabisan dalam waktu dekat. Melee yang satu ini ternyata mempunyai legenda tersendiri yaitu sebagai dewa tertinggi di dalam cerita Yunani kuno. Dari tahtanya di Gunung Olympia, Zeus mengatur dewa dan manusia dan menjaga alam semesta agar tertib dan adil. Dengan senjata petir di tangannya, senjata yang paling ditakuti di bumi dan dikahyangan. Saat Troya genting, dewa-dewa lain memilih pahlawannya diantara prajurit tapi Zeus menolak berpihak. Ia menggunakan timbangan emasnya untuk menyeimbangkan takdir pahlawan-pahlawan Troya. Dewa segala dewa ini sama sekali bukan teladan kebajikan. Suami yang paling tidak setia, mengejar dewi-dewi, meninggalkan jejak kecurangan, kesedihan dan kekerasan di masa lampau.


Legenda bermula pada saat penciptaan awal alam semesta. Orang Yunani percaya bahwa sebelum alam semesta eksis, terjadilah kekacauan, ketiadaan tanpa bentuk, suatu kehampaan gelap dari ruang yang kosong. Tak beberapa lama kekacauan tersebut melahirkan Titan yang dikenal sebagai Gaia, Bumi. Kemudian dia kembali melahirkan Uranus, Langit, untuk menjadinya sederjat dan melindunginya. Dengan kerjasama mereka, akhirnya melahirkan lebih banyak lagi Titan, yakni Lautan, Kecerdasan, Bintang dan Angin, Sungai, Matahari, Bulan, Fajar, Ingatan, Takdir, Rhea yang dipersiapkan untuk menjadi ibu dari segala dewa.

Titan termuda bernama Cronus. Dia menggulingkan ayahnya Uranus dengan mengebirinya dengan sebilah pisau. Dia lalu mengambil saudara perempuannya Rhea, tapi diramalkan suatu hari nanti dia akan digulingkan dengan cara yang sama oleh anaknya. Oleh karena itu dia merasa tidak senang ketika Rhea hamil. Rhea melahirkan lima orang anak yaitu Hestia, Demeter, Hera, Hades, dan Poseidon yang kesemuanya ditelan oleh Cronus karena ketakutannya akan ramalan tersebut. Anak keenam, Zeus disembunyikan oleh Rhea di pulau Crete. Sebelumnya Cronus menelan sebuah batu yang dikira Zeus karena batu tersebut dibungkus pakaian Zeus oleh Rhea.


Zeus dibesarkan oleh Gaian sampai menjelang remaja, dengan tujuan untuk dapat membebaskan saudara-saudaranya. Dia menipu Cronus dengan memberikan suatu obat yang dapat membuatnya memuntahkan semua anaknya. Akibatnya meletuslah perang besar antara Titans dan para dewa, dan yang terakhir adalah peperangan besar yang terjadi di Olympia dimana Cronus dan Zeus bertemu. Mereka bergelut sampai akhirnya Zeus lah yang menjadi pemenang. Untuk memperingati kemenangannya, Zeus menetapkan pertandingan Olympiade di Olympia sehingga semua akan mengingat perempurannya dengan Cronus.


Zeus adalah seorang dewa yang memiliki khas sangat bernafsu, dan istrinya Hera tidak terlalu mencintai hubungan asrama dengannya. Zeus senang berhubungan dengan wanita mortal yang dari wanita itu akan melahirkan seorang Demigod (setengah dewa). Suatu ketika Zeus menghamili seorang wanita mortal bernama Alcmene dari kediaman Perseus, seorang pahlawan Yunani. Pada saat tiba waktunya melahirkan, Zeus menetapkan bahwa siapa yang lahir di kediaman Perseus pada hari itu, maka anak itu akan diangkat menjadi raja. Mendengar hal ini, Hera mengatur saudari ipar Alcmene, yang juga tinggal di kediaman Perseus untuk melahirkan anaknya tiga bulan lebih awal, maka lahirlah Eurystheus menjadi raja, menyingkirkan putra Alcmene yang bernama Hercules, seorang pria yang tumbuh kuat di dunia dan memiliki kekuatan dan keberanian yang tak tertandingi.

0 komentar to “legenda dan keajaiban alam dari zeus”

Posting Komentar

 

catatan informasi Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger